7 Cara Jituh Mencegah Spion Dicuri | PT. Capella Medan

Capella Daihatsu > Berita > (7 Cara Jituh Mencegah Spion Dicuri)

7 Cara Jituh Mencegah Spion Dicuri

07 Maret 2022

Sering dengar berita kaca spion mobil hilang dicuri orang? Komoditas berkualitas maling +62 memang beragam, tetapi spion mobil tetap menjadi salah satu jawara garong nasional. Tajuk utama "Pencurian Kaca Spion" selalu terbit menghiasi linimasa tiap tahunnya seolah-olah menjadi trend tahunan yang tidak boleh dilewatkan, Penyebabnya? Sebagai warga negara berflower nggak etis rasanya kalau tidak victim blaming, "Siapa suruh parkir mobil bagus di lahan kosong", begitu kira-kira jawaban orang disekitar tempat kejadian. Memang ada benarnya juga sih, kenapa demen banget parkir di ujung lorong gelap?

Sebenarnya ada banyak faktor yang membuat peristiwa booming ini punya kanal khusus di laman berita seperti detik.com dan suara.com, mulai dari faktor ekonomi, kenakalan remaja sampai kegabutan semata. Hal ini tentunya nggak boleh dibiarkan begitu saja. Maka dengan didasari rasa simpati dan peduli sesama yang tinggi, tim Capella tergerak untuk merangkum tips menyulitkan maling yang mau mencuri spion mobil kamu, jika 'amit-amit' terjadi.

1. Berusaha membangun hubungan dengan orang sekitar parkiran.

Membangun hubungan baik dengan orang disekitar parkiran bisa jadi salah satu hal wajib kamu lakukan. Terutama kalau kamu butuh mereka untuk mengawasi mobil kamu yang mangkal dekat dengan mereka. Ini adalah alternatif terbaik jika tidak ada satpam disekitar parkiran hehe.

2. Cari tempat parkir yang lebih ramai, dan lebih dekat dengan pos keamanan.

Semakin ramai maka semakin banyak pilihan mobil untuk dipreteli, menurunkan resiko mobil kamu untuk dicolong spionnya. (OK, berikutnya serius) Tempat parkir yang diawasi CCTV dan petugas keamanan adalah tempat yang aman buat kamu mengistirahatkan kendaraan kamu. Pilh tempat yang agak ramai ya, semakin banyak orang lalu lalang, semakin kecil pula resiko keamanan kamu dan mobil kamu.

3. Mengaktifkan alarm atau sensor keamanan lainnya.

Banyak orang cenderung menonaktifkan alarm mobil mereka karena sensitivitas alarm yang tinggi cukup dapat mengganggu warga sekitar. Tetapi ada baiknya juga untuk mengaktifkan atau memasang kembali fitur alarm ini ketika kamu parkir mobil di tempat yang sepi atau mau bepergian lintas provinsi. Selain pengaktifan fitur alarm, Immobilizer menjadi pilihan sistem keamanan tambahan terbaik. Mobil seperti: Daihatsu All New Terios keluaran terbaru sudah dibekali sistem keamanan Immobilizer.

4. Melipat spion mobil ke dalam.

Melipat spion ke dalam membuat spion kamu lebih sulit dipatahkan secara paksa, sekaligus juga membatasi ruang gerak jika si pencuri, apalagi mereka yang berniat besar sampai membawa perlatan bengkel untuk melancarkan aksi. Kebiasaan melipat spion ke dalam akan mempersulit mereka, dan pas banget! All New Xenia sudah punya fitur auto retractable mirror, fitur ini akan otomatis melipat spion dan menguncinya secara elektrik.

5. Menggrafir kaca spion sesuai plat kendaraan.

Menggrafir spion kamu dengan plat kendaraan akan menurunkan harga jual spion di pasar gelap, buat pelaku kejahatan tidak nafsu lihat spion Daihatsu Rocky baru kamu. "Ah sayang kali pun, spionnya bergrafir, skip lah, buat capek", begitu kira-kira kata maling spion yang lagi survey. Penggrafiran spion dengan plat kendaraan relatif tidak berdampak pada harga jual mobil second nantinya, jadi tenang aja ya.

6. Memakai sarung/cover luar mobil.

Selain melindungi mobil kamu dari hujan dan goresan, sarung mobil juga dapat menutup aurat mobil kamu dalam hal ini; spion dan barang-barang di dalam mobil ya. Sarung mobil juga dapat memperlambat aksi pencuri spion mobil yang nekat.

7. Kamuflase (Khusus buat kamu yang terlanjur parno).

Spion yang mulus, bersih, berkilau adalah target utama maling spion. Oleh karena itu tampilan spion kamu perlu di tata berlawanan dengan kriteria spion idaman. Kamu bisa akali dengan pecahkan kaca spion kamu sendiri. (becanda ya) Untuk memberi efek retak pada kaca spion kamu bisa pakai beberapa helai tembaga dari kabel bekas, tempelkan pada kaca spion mobil kamu menggunakan selotip transparan. Maling spion jadi perlu mikir dua kali buat ambil spion kamu.

 

Itu dia cara agar spion mobil kamu nggak dicuri. Amit-amit, jangan sampai kejadian ya. Buat kamu yang sudah kecolongan kaca spion, yuk mending langsung aja upgrade mobil kamu di Capella Daihatsu. Bagi kamu yang mau bertanya tentang artikel, promo produk atau servis Capella Daihatsu, kamu bisa DM kami di Instagram @capelladaihatsu_official atau laman Facebook @ptcapellamedan. Kamu juga bisa hubungi kami lewat WhatsApp.

 

 

 

Artikel Lainnya

Daihatsu End Year Festival
Yuk Ikutan Tagar MomenBarengCapella
Wawasan: Wawancara Sahabat Capella Berkesan
Kejutan Super Mantap Bengkel Capella x Fastron
Selengkapnya
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image